Senin, Januari 28, 2013

BUDAYA ORGANISASI

     Budaya . kata yang tidak asing lagi jika dipikirkan tapi sulit untuk menterjemahkan . menurut saya pribadi , budaya adalah suatu hal yang biasa dilakukan . bisa dicontohkan jika dilingkungan kampus atau universitas banyak sekali budaya yang ada ,seperti belajar salah satunya . mengapa belajar dikatakan contoh dari budaya universitas ? ya karena belajar merupakan kegiatan yang sering dilakukan sehingga menjadi suatu kebiasa'an .


     Organisasi , jika mendengar kata yang satu ini pikiran kita langsung tertuju kepada suatu kelompok atau perkumpulan . dari kebanyakan sumber mengatakan organisasi adalah suatu kelompok orang dalam suatu wadah untuk tujuan bersama. dari definisi tersebut dapat terpikir bahwa organisasi juga dapat dikatakan sebagai tempat bermusyawarah . bertukar pikiran dan memecahkan masalah .

dari penjelasan diatas , bagaimana dengan pengertian dan maksud dari budaya organisasi ??

dalam arti singkat dapat dikatakan "budaya organisasi itu membiasakan untuk berorganisasi" , sedangkan dalam arti penjabarannya yang disebutkan sebuah sumber , budaya organisasi adalah sebuah sistem makna bersama yang dianut oleh para anggota yang membedakan suatu organisasi dari organisasi-organisasi lainnya. Sistem makna bersama ini adalah sekumpulan karakteristik kunci yang dijunjung tinggi oleh organisasi , lalu apa contohnya ? saya ambil dari lingkungan universitas ,di suatu universitas terdapat suatu perkumpulan dari masing-masing jurusan . misalkan perkumpulan mahasiswa jurusan sistem informasi (HIMSI) , perkumpulan mahasiswa jurusan ilmu ekonomi (HIMAJIE) dan lain-lain . dalam perkumpulan tersebut banyak kegiatan yang dilakukan ,diantaranya saling bertukar pikiran , meminta pendapat , belajar membahas mata kuliah  bahkan hingga mengadakan acara tour dan lain-lain . manfaat lain yang didapat yaitu memiliki banyak koneksi alias teman . lalu jika di Indonesia budaya organisasi yang sangat terlihat adalah lembaga-lembaga negara , seperti MPR , PARTAI dan lainnya ..

kesimpulan : budaya organisasi adalah sebuah wadah yang memiliki banyak nilai manfaat dan positif !

(Ahmad Hujaipah 2 ka 15)

0 komentar:

Posting Komentar