Kamis, Februari 14, 2013

Manfaat penggunaan ban besar untuk motor

     Memakai Ban dengan ukuran normal atau sedikit lebih besar menurut saya itu LEBIH BAIK dari pada memakai ban yang lebih kecil dari ukuran normal pabrikan ,selain lebih aman , memakai ban yang sedikit lebih besar dapat membuat laju belok (turning) kendaraan lebih baik. tapi apabila motor hanya difungsikan untuk berjalan-jalan sekitar rumah itu sih gak apa-apa pakai ban kecil  ,namun untuk anda yang suka berpergian jauh apalagi jika motor dipakai untuk bekerja (rutin) sebaiknya anda menggunakan ban yang normal pabrikan atau sedikit lebih besar sesuai selera  Kali ini saya ingin berbagi pengalaman apa yang saya dapatkan ketika saya memakai ban ukuran agak besar untuk motor saya . sebelumnya saya perkenalkan dahulu spesifikasi motor saya :
    Merk = Yamaha                                    tahun pembuatan = 2004
    Nama = Jupiter Z (110cc)                   ukuran ban normal depan = 70/90 = 2.50  
    ukuran normal ban belakang = 80/90 = 2.75 
                     
sekitar sebulan yang lalu saya membeli sepasang ban baru (luar) bukan tubeless dengan ukuran untuk ban depan 80/90 = 2.75 dan ban belakang 90/80 = 3.00 . saya membeli merk FDR dengan type flemmo . awalnya saya berpikir  sepertinya untuk ban ukuran depan itu terlalu besar jika memakai 2.75 . namun saya berpikir panjang ya tidak apa-apa karena motor itu saya pakai  untuk pergi ke tempat kuliah secara rutin dengan jarak tempuh CIAWI - DEPOK - CIAWI .(pulang pergi) . adapun manfaat yang saya dapatkan lebih baik dari pada memakai ban standar pabrikan . yaitu :

- lebih Meredam getaran dari jalan yang rusak 
  siapa yang tidak kesal apabila berkendara dijalan yang rusak seperti berlubang ataupun kondisi cor aspal yang berantakan . membuat motor body motor bersuara *gubrak-gubrak-gubrak* , nah dengan memakai ban yang agak besar dapat meredam getaran yang dihasilkan dijalan yang rusak.

-Lebih aman dan stabil 
mengapa saya katakan demikian ? cobalah anda bedakan rasanya memakai ban ukuran kecil dengan ban ukuran yang agak besar saat melintasi jalan yang berlubang . keseimbangan motor yang memakai ban kecil sangat terasa , sedangkan memakai ban yang agak besar bisa lebih stabil saat melintasi .selain itu saat menikung jalan yang berpasir maupun licin , ban yang lebih besar itu lebih aman karena mampu menahan .

- tikungan lancar
ban yang lebih besar sangat memungkinkan untuk menikung motor dengan sudut yang lebih kecil . selain itu lebih stabil karena ban motor yang lebih besar mampu menahan beban motor .

selain manfaat , adapula dampak negatifnya , untuk saat ini dampak yang saya alami , power (tenaga) motor agak berkurang sedikit .untuk masalah bensin (bahan bakar) sama saja tidak mengalami pemborosan (normal).  

saran saya : memakai ban yang sedikit lebih besar itu tidak masalah , tetapi jika memakai ban dengan ukuran yang jauh lebih besar justru menimbulkan bahaya selain membuat power motor menurun drastis ,juga membuat gir set serta mesin bermasalah, jadi saran saya jika ingin memodifikasi motor dari hal Ban , harap diperhatikan jenis motor dan CC nya , seperti motor saya jupiter z 110cc . menaikkan sedikit ukuran ban dari 2.50 -> 2.75 (depan) dan 2.75 -> 3.00 (belakang) itu masih wajar . 

   terima kasih telah membaca postingan saya , kritik dan saran anda sangat bermanfaat :)

27 komentar:

  1. ya memang benar apa yang lu katakan jay..
    langkah yang lu lakukan dengan menaikkan ukuran ban 1 step dari ukuran standard oke2 saja hhahahh
    saran gw apabila ingin menaikkan ukuran ban menjadi lebih besar ya naik sekitar 1 atau 2 step saja dari ukuran standard..

    BalasHapus
  2. terima kasih raden Prof.M.bayu .A.diningrat . S.KOM , MM.SI atas komentarnya :)

    BalasHapus
  3. Saya juga pake ban kecil untuk motor bebek saya, ukuran 70/80 untuk depan, dan 80/90 untuk belakang, dengan type FDR GENZI. Memang benar apa kata anda,bahwa ban terutama untuk depan kalo make yang kecil itu tidak stabil,seperti yang saya pake. Tapi itu semua kembali ke kita sendiri. Awalnya emang agak aneh dan gak berani saya untuk nikung setelah beberapa jam ganti ban, terasa sangat liar dan gampang rebah,karena ban depan yang kecil yang dapat membuat stang kemudi menjadi liar. Tapi sekitar beberapa jam kemudian setelah terbiasa,saya sudah wusss.... Wusss... Wuss.. Aja di tikungan. Mungkin belum beradaptasi kali ya, atau mungkin karena ''getah'' karet bannya yang masih baru? Entah lah. :-)

    BalasHapus
  4. Sangat bermanfaat infonya,,,

    BalasHapus
  5. kalau ganti gear 2 tingkat top speed bisa naek g?

    BalasHapus
    Balasan
    1. klau gear naik cuma d tarikan bawah yg cepat klau atas ny kurang

      Hapus
  6. Kalau jupiter Z burung elang pakai ban belakang 3.00 kira2 mentok gak ke aramnya?

    BalasHapus
  7. Kalau jupiter Z burung elang pakai ban belakang 3.00 kira2 mentok gak ke aramnya?

    BalasHapus
  8. Bt mas jay...kl bt ban tubless ukuran...yg anda mksud gmn..soalny mtr kta zufiter z1... Mksh ridho ajie

    BalasHapus
  9. setuju gan, ane juga pengen naikkin 1 step dr ukuran standart
    saya rasa lebih aman saat nikung miring.
    saya pakai motor jupiter z burung hantu 2009

    BalasHapus
    Balasan
    1. Siang agan2 mau minta solusi donk. Jupiter z1 2016 sy pake ban belakang ukuran 90/80 posisi motor boncengan rada kandas kiri kanan spakbor dalam ya apa membahayakan tidak? Ada solusinya?

      Hapus
    2. aku juga pake njz1 brow... aku naikin step bannya... yg depan 80/90 belakang 90/90..
      konsekuensinya kolong ban belakang harus di modifikasi/dilebarkan sekitar 1cm, kl ga di lebarkan bakal mentok/nyrempet kolongnya..
      lama2 bakal bolong dan air bakal masuk sampe dlm celah bagasi brow..

      Hapus
  10. Malam semua minta solusinya ya agan2.. sy ada rencana naikin size ban utk jupiter z thn 2009 antara ukuran 90/90-17 dan 90/80-17 untuk ban belakang kira2 yg pas diantara ukuran terseubt yg mana gan..di tunggu komenya gan..Thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya pakai Jupie Z 2010 Karbu paling nyaman depan 80/80 dan belakang 90/80 tipe street compond sedang, dari segi penampilan saya pikir manis, dari segi performa nyaman bgt, tarikan nggak berat dan buat manuver kanan kiri jg nyaman

      Hapus
    2. Itu pake velg Ukuran berapa mas D/B

      Hapus
    3. saya pakai velg standar bawaan pabrik, klo ga salah D(1.40) B(1.60) mas, kalo saya sih patokan dari ukuran ban bawaan pabrik naik 1step utk lebar nya, dan turun 1step utk tinggi nya

      Hapus
  11. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  12. Klo jupe z robot pke ban uk 90/90 17 aman gak ya,,,minta pencerahan nya

    BalasHapus
  13. Klo jupe z robot pke ban uk 90/90 17 aman gak ya,,,minta pencerahan nya

    BalasHapus
  14. Bos tolong sarannya,,,kalau ban ukuran 2.75.17 untuk ban belakang Jupiter z1 ,,itu bisa menimbulkan resiko apa gk,,,mohon pencerahannya

    BalasHapus
  15. Kalo ban depan 80/90 belakang 90/90 menurut admin gimana, powernya agak berkurang si saya ngrasain daripada yg 70/90, cuma buat berkendara enteng rasanya

    BalasHapus
  16. Depan 80/80, blkg 90/80 tubeless, paling nyaman dan aman

    BalasHapus