Sabtu, Maret 10, 2012

Lulusan S1 Sistem Informasi dalam Dunia Kerja

Pada postingan kali ini .. admin akan memberitahukan Hal-hal yang harus dikuasai oleh seorang Sarjana Sistem Informasi agar bisa cepat diterima kerja .

  Dari banyaknya Lowongan kerja yang admin baca ,baik di media Internet ,.di media Cetak maupun Survey langsung ke perusahaan yang sedang membuka lowongan, untuk Lulusan Sistem Informasi ada beberapa hal yang di Pertimbangkan Oleh perusahaan itu diantaranya :

- Nilai Kelulusan dari Sekolah Perkuliahan

   Kebanyakan dari perusahaan mencantumkan minimal Nilai yang harus didapat , karena bagi mereka Nilai melambangkan Keseriusan seorang sarjana dalam menempuh kuliahnya,karena akan berpengaruh pada sifatnya dalam bekerja , apakah ia serius ataukah bermain-main jika bekerja nanti.biasanya Perusahaan memberikan Minimal Nilai untuk seorang lulusan S1 Sistem Informasi dengan IP 3,00

- Umur

   Ya jika membicarakan tentang Umur didalam persyaratan lowongan pekerjaan kayanya udah biasa . cuma ane mau kasih gambaran aja .untuk lulusan Sistem Informasi s1 biasanya usia maksimal melamar 26 -35 tahun baik pria maupun wanita . tetapi kita kembalikan lagi kepada kebijakan perusahaan .

- Bahasa Inggris

   Kemampuan dalam bahasa inggris dalam dunia kerja untuk saat ini sudah dikatakan wajib .tetapi biasanya persyaratan ini di ajukan oleh Perusahaan yang Besar dan Bonafit . jadi bagi lulusan Sistem Informasi s1  yang merasa tidak bisa berbahasa inggris diusahakan agar belajar ,ya minimal mengerti bahasa inggris yang ada di dalam komputer,karena komputer sampai saat ini masih menggunakan bahasa inggris .

- PROGRAM

   Program adalah hal yang sangat penting bagi lulusan Sistem Informasi s1,karena jika mereka diterima kerja nanti ,pekerjaan mereka sehari-hari adalah menjalankan program-program yang dipakai perusahaan tersebut.
Biasanya Program yang sering digunakan Perusahaan adalah Bahasa program PHP , Delphi,Basisdata Oracle MySQL .dan Visual Basic .
   Jika anda merasa ada beberapa program yang belum anda kuasai ,anda bisa menjalankan kursus jika anda memiliki biaya lebih .. lalu belajar dari teman yang mengusai program tersebut , ataupun belajar sendiri dengan mendownload tutorial di dunia maya ,karena banyak sekali para blogger yang menyediakan program beserta tutorialnya . .
Selain itu keterampilan dalam menggunakan Ms word . Excel  dan Power Point juga perlu diperhatikan .

- Pengalaman

   Pengalaman merupakan hal yang penting juga untuk cepat mendapatkan pekerjaan . semakin lama dan banyak pengalaman anda ,semakin cepat anda diterima kerja .karena perusahaan menilai jika anda memiliki pengalaman kerja ,maka anda sudah tidak kaget lagi dilapangan nanti dan dapat bekerja dengan efektif dan efisien .Selain itu jika anda sudah memiliki pengalaman kerja ,anda bisa mengajukan permohonan tawaran gaji yang ditawarkan perusahaan .. oleh karena itu pengalaman sangat berharga dan bernilai mahal ..

Sekian Informasi yang saya berikan ,, semoga bermanfaat ..kritik dan saran sangat berharga bagi saya .
terima kasih -ujay-

3 komentar:

  1. thahanks banget bos
    artikelnya sangat berguna :)

    BalasHapus
  2. Bro sis berarti untuk lulusan sistem informasi dunia kerja sempit dong beda ama teknik informatika.

    BalasHapus