Sabtu, Maret 24, 2012

Manusia sebagai makhluk individu dan makhluk sosial

a ) Hakikat manusia sebagai makhluk individu dan sosial 

- Manusia sebagai makhluk individu
     Individu memiliki arti tidak terbagi, atau satu kesatuan . maksudnya , manusia sebagai makhluk individu memiliki unsur jasmani dan rohani, unsur fisik dan psikis, unsur raga dan jiwa. Seseorang dikatakan sebagai manusia individu manakala unsur-unsur tersebut menyatu dalam dirinya. Dari sekian banyak manusia, ternyata masing-masing memiliki keunikan tersendiri yang berasal dari faktor keturunan maupun lingkungan.selain itu manusia juga memiliki Karakteristik yang khas  dapat kita sebut dengan kepribadian. Setiap orang memiliki kepribadian yang berbeda-beda yang dipengaruhi oleh faktor bawaan genotip)dan faktor lingkungan (fenotip) yang saling berinteraksi secara terus menerus(rutinitas).

- Manusia sebagai makhluk sosial
      Sosial dapat diartikan kumpulan . maksudnya jika dikaitkan oleh manusia adalah manusia selalu hidup bersama dengan manusia lainnya atau bermasyarakat .adapun bebeapa alasan manusia sebagai makhluk sosial yaitu :Dapat disimpulkan, bahwa manusia dikatakan sebagai makhluk sosial, karrena beberapa alasan, yaitu:
a. Manusia tunduk pada aturan, norma sosial.
b. Perilaku manusia mengaharapkan suatu penilain dari orang lain.
c. Manusia memiliki kebutuhan untuk berinteraksi dengan orang lain
d. Potensi manusia akan berkembang bila ia hidup di tengah-tengah manusia.

     Selain itu,manusiaa dapat mengembangkan hidupnya . kareana manusia diberikan akal dan pikiran ,tetapi besar kecilnya perubahan yang dikembangkan tergantung dari manusia itu sendiri .

b ) Peran manusia sebagai makhluk individu dan sosial 

      Manusia dianugerahi hidup bukan hanya sekedar untuk hidup. Ia memiliki misi dan visi yang sebenarnya harus dikerjakan baik dalam kehidupan di dalam lingkungan masyarakat maupun negara . Manusia sebagai makhluk individu dan sosial mamiliki peranan dalam kehidupan
 diantaranya  menjaga kelestarian alam , hubungan antar manusia ,serta hubungan dengan sang pencipta alam .
      Manusia yang tidak dapat hidup sendirian (makhluk sosial) .senantiasa berinteraksi dengan lingkungannya ,sudah dapat diartikan bahwa manusia tersebut menjalankan peran hubungan antar manusia . menjalankan ibadah menunjukkan peran manusia dalam menjalin hubungan dengan pencipta .sedangkan peran menjaga kelestarian alam terlihat ketika manusia tersebut bersikap pada lingkungannya .

c ) Dinamika Interaksi sosial


        Dinamika interaksi sosial berarti bahwa hubungan manusia dan masyarakat selalu berkembang serta mengalami perubahan, yang dalam prosesnya berlangsung secara cepat maupun lambat .hubungan tersebut bisa terjadi pada manusia dengan manusia lainnya ,ataupun kelompok dengan kelompok lainnya .. Semakin baik manusia dalam berinteraksi maka dinamikanya semakin baik . oleh karena itu jagalah hubungan dengan lingkungan sekitar agar interaksi sesama tetap terjaga .


d ) Dilema antara kepentingan sosial dan individu

     Dilema artinya situasi sulit yg mengharuskan orang menentukan pilihan antara dua kemungkinan yg sama-sama tidak menyenangkan atau tidak menguntungkan; situasi yg sulit dan membingungkan . jika dikaitkan dengan kepentingan sosial dan individu adalah menentukan memilih kepentingan soasialkah atau individu yang harus di dahulukan .

0 komentar:

Posting Komentar